Senin, 15 Juni 2020

Jenis-Jenis Sedimen Dasar Laut


Sedimen Morfologi Dasar Laut
Berdasarkan pada asal usulnya, sedimen laut dapat dibedakan menjadi lima macam, yaitu:
1).  Sedimen Litogenik (terigennous), yaitu sedimen yang berasal dari pelapukan batuan yang telah ada sebelumnya di daratan atau benua. Komponen sedimen ini adalah lumpur terrigen, endapan longsoran atau turbidit, dan endapan es. Sekitar 30% dari lumpur terigen itu terdiri dari lanau dan lempung yang mineral penyusun utamanya adalah kuarsa dan feldspar, dan mineral-mineral lempung seperti illit, kaolinit, dan chlorit.
2).   Sedimen Volkanogenik (volcanogenic sediments), yaitu sedimen yang berupa material volkanik yang dilontarkan ketika terjadi erupsi gunungapi. Sedimen ini banyak dijumpai di kawasan bergunungapi.
3).   Sedimen Biogenik (biogenic sediments), yaitu sedimen yang dihasilkan oleh organisme atau organisme itu sendiri. Organisme yang sangat umum adalah foraminifera, diatom, dan radiolaria. Mineral-mineral yang utama di dalam sedimen biogenik adalah kalsit, aragonit, silika, dan apatit. Ooze adalah sedimen biogenik berbutir halus yang tersusun oleh cangkang-cangkang organisme mikro yang terakumulasi di laut dalam, seperti di dataran abisal.
4).    Sedimen Hidrogenik (hydrogenic sediments), yaitu sedimen yang terbentuk oleh reaksi kimia inorganik dari unsur-unsur yang terlarut di dalam air. Sedimen kelompok ini juga disebut sebagai sedimen autigenik (authigenic sediments). Jenis-jenis sedimen ini yang umum adalah zeolit, nodul mangan, nodul fosfat, dan endapan logam hidrotermal (metalliferous hydrothermal deposits).
5).   Sedimen Kosmogenik (cosmogenic sediments), yaitu sedimen yang berasal dari luar angkasa, seperti meteorit atau debu ruang angkasa yang jatuh ke Bumi.
No
Jenis sedimen
asal
contoh
1
Litogenik
Pelapukan batuan dari daratan
lumpur terrigen, endapan longsoran atau turbidit, dan endapan es.
2
Volkagenik
Erupsi gunung api
Ash, lapilli dll
3
Biogenik
Aktivitas dan organisme itu sendiri yang ada di laut
Foraminifera, diatom, dan radiolaria
4
hidrogenik
reaksi kimia inorganik dari unsur-unsur yang terlarut di dalam air
adalah zeolit, nodul mangan, nodul fosfat, dll
5
kosmogenik
luar angkasa
meteorit

Latest
Next Post

0 komentar: